Langsung ke konten utama

Pengantar Akuntansi, Teknologi Informasi, dan Solusi Bisnis

Pengantar Akuntansi, Teknologi Informasi, dan Solusi Bisnis

Value (Nilai)
       Sifat dasar dan tujuan dari suatu organisasi adalah menciptakan nilai.
       Organisasi menciptakan nilai dengan menyediakan barang dan jasa yang diinginkan oleh pelanggannya.
       Contoh: pabrikan otomotif menciptakan nilai dengan memproduksi mobil yang aman, nyaman, dan handal untuk mengangkut penumpang.

Cost (Biaya)
       Untuk menciptakan nilai diperlukan biaya (cost).
       Contoh: untuk memproduksi mobil, pabrikan harus membayar berbagai macam sumber daya, seperti bahan baku dan tenaga kerja.

Margin
       Margin merupakan selisih antara nilai dengan biaya.
       Konsep penciptaan nilai berlaku pada organisasi berorientasi profit dan organisasi non profit.
      Tujuan organisasi berorientasi profit adalah memaksimalkan marginnya.
      Tujuan organisasi non profit adalah memaksimalkan barang dan jasa yang disediakannya dengan sumber-sumber daya yang dimilikinya.

Proses Bisnis
       Barang/jasa tersedia setelah melalui serangkaian proses bisnis.
       Suatu proses bisnis adalah serangkaian aktivitas yang mengerjakan suatu tujuan bisnis.

Apapun jenis barang/jasa yang disediakan, setiap organisasi paling tidak memiliki tiga macam proses bisnis, yaitu:
       Acquisition/payment process
(Proses perolehan/pembayaran)
       Conversion process
(Proses perubahan)
       Sales/collection process
(Proses penjualan/pengumpulan)

Proses Perolehan/Pembayaran (Acquisition/payment process)
       Tujuan dari proses ini adalah untuk mendapatkan, memelihara, dan membayar sumber-sumber daya yang diperlukan organisasi.   
       Contoh sumber daya: SDM, pabrik, peralatan, dana, bahan baku, dll.
       Sumber daya diperoleh dari pihak luar, seperti pemasok.
       Sumber-sumber daya tersebut diperlukan untuk dapat menyediakan barang/jasa kepada para pelanggan.

Proses Perubahan (Conversion process)
       Tujuan dari proses ini adalah untuk mengubah sumber-sumber daya yang telah diperoleh menjadi barang/jasa yang diperlukan pelanggan.

Pada proses ini, bahan baku diubah menjadi barang jadi atau jasa.

Proses Penjualan/Pengumpulan (Sales/collection process)
       Tujuan dari proses ini adalah untuk menjual dan menyerahkan barang/jasa kepada pelanggan, lalu mengumpulkan pembayarannya.
       Barang jadi atau jasa yang telah melalui proses perubahan dijual kepada pelanggan, yang akan ditukar dengan pembayaran (biasanya dalam bentuk uang).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Baru

Universitas Muria Kudus Karya : Fatchur Rochman Universitas Muria Kudus adalah salah satu Universitas ternama didaerah karesidenan Pati yang luamayan diminati para penduduk disekitarnya. Bukan hanya warga dari Kudus sendiri yang berminat buat melanjutkan studi disini tetapi banyak juga yang berasal dari luar kota misal saja dari kota-kota tetangga seperti Jepara, Demak, Pati, Rembang dan daerah lainnya. Bahkan pada angkatan Mahasiswa baru tahun ini ada juga yang berasal dari luar Jawa. Kalo tidak salah sih dari Jambi. Dengan ini dapat membuktikan bahwa Universitas Muria Kudus yang akrab disebut dengan UMK tidak mudah diremehkan. Nah ditempat inilah saya juga menimba ilmu buat masadepan saya tepat ditahun ini. Kenalin nih saya Fatchur Rochman asli kudus sendiri. Dulunya sih gag nyangka kalau bakal sekolah juga disini. Tapi berhubung demi kelanjutan masadepan saya putuskan buat menimba ilmu disini. Disini saya ambil progdi Sistem Informasi, gag tau kenapa duluny...

Konsep dasar (data, sistem, informasi, sistem informasi)

Konsep dasar (data, sistem, informasi, sistem informasi) PENGERTIAN DATA Data : 1.        “Streams of raw facts representing events occurring in organizations or the physical environment before they have been organized and arranged into a form that people can understand and use” (adalah aliran dari fakta yang direpresentasikan melalui kejadian dalam organisasi atau lingkungan fisik sebelum diorganisasi dan di susun ke dalam bentuk yang dapat dimengerti dan digunakan oleh user). 2.        Data adalah fakta / sebagian fakta yang mengandung arti berupa angka, huruf, symbol khusus atau gabungan darinya. Klasifikasi data 1.        Klasifikasi data menurut jenis data a.        Data hitung (enumeration/counting data) >>hasil perhitungan atau jumlah tertentu ex:mencatat jumlah mhs dalam kelas b.        Data Ukur (m...

Internet Marketing

PENINGKATAN TECHNOPRENEURSHIP MAHASISWA MELALUI INTERNET MARKETING Pembicara : Aryo Saloko Apakah itu Internet??? Pengertian Internet : Internet atau (Interconnection-neworking) merupakan jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmision Control Protool / Internet Protocol suite (TCP / IP) sebagai protokol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ) untuk melayani pengguna internet diseluruh dunia. Apakah itu Marketing?? Pengertian Marketing : Marketing merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk kebutuhan dan kepuasan epada konsumen. Apakah itu Technopreneurship?? Technopreneurship merupakan sebuah wirausaha bisnis yang berbasis teknologi yang mempunyai strategi baru unutk mensiasati masalah pengangguran intelektual yang semakin meningkat. Apakah itu  Internet Marketing?? Internet Marketing merupakan sebuah teknik atau cara pemasaran secara online (promosi) dengan menggunakan web dan emai...