Langsung ke konten utama

Pemodelan Proses Bisnis

PEMODELAN PROSES BISNIS
       Menjelaskan proses bisnis secara lebih mudah untuk dipahami.
       Ada berbagai macam :
      Dengan narasi (workflow/alur kerja proses)
      Dengan grafik atau diagram misal :
       Model REAL (Resource, Events, Agent, and Locations)

Kejadian-Kejadian Proses Bisnis (Business Process Events)
       Suatu proses bisnis merupakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi.
       Suatu proses bisnis dapat terdiri dari beberapa aktivitas.
       Kejadian (event) merupakan suatu aktivitas tunggal yang terdapat pada sebuah proses bisnis.

Tiga Jenis Kejadian
       Kejadian-kejadian Operasional
(Operating Events)
       Kejadian-kejadian Informasi
(Information Events)
       Kejadian-kejadian Keputusan/Pengelolaan
(Decision/Management Events)

Kejadian Operasional
       Adalah aktivitas-aktivitas operasional yang dilakukan dalam suatu proses bisnis saat menyediakan barang/jasa bagi pelanggan.
       Kejadian Operasional adalah kejadian yang harus ada (wajib), apabila kejadian operasional tidak ada maka proses tidak dapat berjalan.

Contoh Kejadian Operasional
       Contoh kejadian-kejadian operasional pada proses bisnis penjualan adalah sbb:
      Memasarkan barang.
      Menerima pesanan dari pelanggan.
      Menjual barang.
      Mengirimkan barang pesanan.
      Menerima pembayaran.

Kejadian Informasi
Pada kejadian-kejadian informasi terdiri dari tiga aktivitas, yaitu:
        Mencatat data tentang kejadian-kejadian operasional.
        Memelihara data yang penting bagi organisasi.
        Melaporkan informasi yang berguna bagi para
  pengambil keputusan.
Kejadian Informasi adalah kejadian yang optional, kejadian informasi boleh ada boleh tidak.

Contoh Kejadian Informasi
       Contoh kejadian informasi dalam pada proses bisnis penjualan adalah sbb:
      Mencatat nota penjualan
      Mencatat pesanan barang
      Membuat laporan penjualan harian
      Membuat laporan stok barang

Kejadian Keputusan/Pengelolaan
       Adalah aktivitas dimana para pimpinan membuat keputusan tentang perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian proses-proses bisnis.
       Kejadian keputusan membutuhkan kejadian informasi dalam proses pengambilan keputusan

Contoh Kejadian Keputusan/Pengelolaan
       Contoh kejadian keputusan dalam pada proses bisnis penjualan adalah sbb:
      Memutuskan untuk membuat produk baru.
      Memutuskan untuk membuka sebuah cabang.
      Memutuskan untuk menaikkan harga.
      Memutuskan untuk menambah stok.

Keterkaitan Antar Kejadian Proses Bisnis
       Kejadian-kejadian keputusan/pengelolaan akan menentukan dan memicu kejadian-kejadian operasional.
       Menjalankan kejadian-kejadian operasional akan memicu kejadian-kejadian informasi untuk mencatat dan memelihara data bisnis.
       Kejadian-kejadian keputusan/pengelolaan juga memicu kejadian-kejadian informasi, yaitu saat para pimpinan meminta informasi sebelum mengambil keputusan.


Aliran Kerja (Workflow)
       Aliran kerja merujuk kepada pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang dilakukan oleh anggota-anggota suatu kelompok kerja (workgroup) untuk mencapai beberapa tujuan.
       Yaitu bagaimana suatu barang/jasa mengalir dari seseorang atau fungsi bisnis ke orang atau fungsi bisnis lainnya.
       Suatu aliran kerja mungkin merupakan kombinasi dari kejadian-kejadian operasional, informasi, dan keputusan/pengelolaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruang Lingkup Analisa Proses Bisnis

RUANG LINGKUP ANALISA PROSES BISNIS Apa itu Ruang Lingkup? •        Ruang lingkup analisa proses bisnis adalah cakupan/domain/area dimana analisa proses bisnis perlu dilakukan. Ruang Lingkup Analisa Proses Bisnis Integrasi Proses Bisnis Standarisasi Proses Bisnis Analisa Proses Bisnis berbasis Teknologi Informasi Riset Bisnis Pendahuluan Integrasi Proses Bisnis Sebuah metodologi/cara untuk melakukan efisiensi perusahaan melalui penerjemahan visi ke dalam bentuk strategi dan action , kemudian diwujudkan dalam proses bisnis perusahaan terintegrasi Latar belakang Integrasi Proses Bisnis •        Efisiensi –       Beberapa proses bisnis digabungkan menjadi satu proses yang terintegrasi. •        Persaingan Bisnis –       Persaingan instansi lain dengan konsep proses bisnis yang terintegrasi, sehingga integrasi harus dilakukan untuk bersaing •        Perkembangan Teknologi Informasi –       Semakin berkembangnya TI sehingga integrasi proses  bisnis

Pengelolaan Proses Bisnis

                                                                                                                                                               PENGELOLAAN PROSES BISNIS •        Pimpinan organisasi bertanggung jawab terhadap pengelolaan proses bisnis. •        Aktivitas pengelolaan (manajemen) dapat dikategorikan menjadi: •        perencanaan ( planning ), •        pelaksanaan ( executing ), •        pengawasan ( controlling ), •        penilaian ( evaluating ). Tahap Perencanaan •        Pimpinan menentukan sasaran-sasaran bisnis . •        Pimpinan menentukan prioritas pada proses-proses bisnis yang ada. •        Pimpinan menyediakan blueprint untuk mencapai sasaran-sasaran tersebut. •        Pimpinan harus mengidentifikasi kesempatan-kesempatan dan resiko-resiko yang dihadapi perusahaan. Tahap Pelaksanaan •        Pimpinan menjalankan rencana dengan membagi proses-proses bisnis menjadi beberapa aktivitas yang lebih kecil. •        Pimp