Langsung ke konten utama

Internet Marketing

PENINGKATAN TECHNOPRENEURSHIP MAHASISWA MELALUI INTERNET MARKETING
Pembicara : Aryo Saloko

Apakah itu Internet???
Pengertian Internet :
Internet atau (Interconnection-neworking) merupakan jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmision Control Protool / Internet Protocol suite (TCP / IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani pengguna internet diseluruh dunia.

Apakah itu Marketing??
Pengertian Marketing :
Marketing merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk kebutuhan dan kepuasan epada konsumen.

Apakah itu Technopreneurship??
Technopreneurship merupakan sebuah wirausaha bisnis yang berbasis teknologi yang mempunyai strategi baru unutk mensiasati masalah pengangguran intelektual yang semakin meningkat.

Apakah itu  Internet Marketing??
Internet Marketing merupakan sebuah teknik atau cara pemasaran secara online (promosi) dengan menggunakan web dan email unutk mendorong penjualan melalui perdagangan elektronik (e-commerce).

Jadi setelah kita mengetahui apa itu tentang nternet, marketing, technopreneurship dan interet marketing terlebih dahulu maka kita bisa mengetahi maksud dari tema pada kali ini tentang Peningkatan technopeneurship mahasiswa melalui internet marketing. Sehingga kita bisa mengethaui maksud dari tema kali ini adalah untuk meningkatkan kinerja para mahasiswa/mahasiswi untuk kedepannya bisa lebih aktif karena pekembangan zaman da teknologi yang semakin meningkat sehingga kita bisa meningkatkan kegiatan dengan menggunakan pemanfaatn teknologi yang semakin meningkat untuk digunakan sebagai usaha dengan cara melalui internet marketing atau pemasaran secara online.

Internet marketing dinilai lebih efektif dan efisien dibanding melakukan pemasaran tradisional, seperti melakukan promosi dengan memlalui radio, surat kabar atau majalah, hal tersebut dikarenakan baiaya ianternet marketing sangat murah dan unutk mencari targetpun (calon pelanggan) jauh lebih mudah.

Ada beberapa jenis Internet Marketing, antara lain :

1.       Web Marketing
Web Marketing  adalah teknik pemasaran menggunakan media website. Ada beberapa macam contoh pemasaran meggunakan media website yang pastinya sering kita temui di internet.
2.       Email Marketing
Email Marketing atau pemasaran melalui media email mungkin tak seramai ataupun tak sepopuleh web marketing, meski demikian email marketing dinilai tidak efektif untuk menjaring para pelanggan, anggapan tersebut sama sekali tidak benar, karena  email marketing dinilai para Internet Marketer Profesional sebagai media promosi online terbaik.
3.       Social Media Marketing
Social Media Marketing merupakan salah satu contoh teknik pemasaran online yang cukup digemari oleh para Internet Marketers saat ini. Alasan utamanya karena biaya promosu yang murah, bahkan jika semua dikerjakan manual, maka tidak akan ada biaya sama sekali akis gratis (diluar biaya kuota internet).

Internet memang sangat terjamin dan terpercaya semua ada disana, jadi di internet sangat menjamin untuk kita melakukan internet marketing untuk menjual dan promosi karya kita untuk menambah pundi-pundi penghasilan tambahan kita dengan mengikuti perkembangan zaman yang sangat maju saat ini.

Untuk memulai melakukan internet marketing kita bisa memulai dengan nge-blog. Nge-blog merupakan suatu cara internet marketing dengan cara kita membuat postingan kita ke blog. Syaratnya ada beberaoa yaitu :

1. Kita harus menyukai apa yang akan kita tulis
2. Memiliki saama dan prasarana seperti : PC / Laptop dan Modem / Koneksi Internet
3. Kita juga harus mempunyai NIAT
4. Waktu

Apakah nge-blog bisa menghasilkan uang??

Dengan nge-blog tentu dapat menghasilkan uang. Tetapi, tergantung dengan kita sendiri. Karena nge-blog bisa menghasilkan uang jika kita rajin menulis artikel-artikel ke blog kita. Selain itu kita juga bisa menghasilkan uang dengan cara pengunjung yang membaca artikel yang sydah kita buat sebelumnya. Jadi kita harus serajin meungkin memostingkan artikel-artikel yang kita buat sehingga semakin banyak pengunjung yang membaca artikel kita semakin banyak juga penghasilan yang akan kita dapatkan.

Bagaimana caranya kalau kita ingin menjulkan prouk kita sendiri dengan menggunakan internet marketing??

Kita bisa melakukan dengan cara kita memostingkan produk kita ke Toko Online. Karena dengan kita memostingkan ke situs Toko Online produk kita bisa dilihat oleh pengunjung sehingga kalua da yang berminat akan membeli produk kita. Selain melalui Toko Online kita juga bisa melakukan dengan jualan di situs Facebook, Instagram dll. Karena di situs-situs tersebut kita juga bisa mempromosikan produk kita lewat situs-situs populer yang booming sekarang sehingga banyak target pelanggan ada disana.

Selain beberapa cara diatas kita juga bisa melakukan internet marketing dengan cara membuat Adsence (Exlusive). Tetapi untuk membuat Adsence ada beberapa syaratnya antara lain kita harus menyiapkan akun gmail yang sudah diverifikasi terlebih dahulu. Setelah itu kita harus menyiapkan domain TLD (lebih bagus lagi yang sudah terindex). Setelah domain sudah siap kita bisa buat Blog di Blogspot.com dengan akun gmail tersebut. Selanjutnya kita siap membuat artikel-artikel dan kita postingkan. Karena dengan artikel-artikel yang kita postingkan adalah hasil dari uang yang akan kita dapatkan. Sehingga dengan semakin rajin dan semakin berbeda dengan artikel yang lain kita akan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Jadi kita harus lebih giat dan lebih rajin membuta rtikel yang akan kita postingkan kalu kita ingin mendapatkan penghasilan tambahan yang lebih.

Demikian lah beberapa cara melakukan internet marketing. Jadi ingatlah internet adalah segalanya, karena di internet ada semuanya sehingga kita bisa mendapatkan target pelanggan lebih banyak di internet sehingga kita bisa melakukan promosi maupun penjualan di internet sehingga bisa membantu menambah penghasilan tambahan kita. Sekian dulu yaaa...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruang Lingkup Analisa Proses Bisnis

RUANG LINGKUP ANALISA PROSES BISNIS Apa itu Ruang Lingkup? •        Ruang lingkup analisa proses bisnis adalah cakupan/domain/area dimana analisa proses bisnis perlu dilakukan. Ruang Lingkup Analisa Proses Bisnis Integrasi Proses Bisnis Standarisasi Proses Bisnis Analisa Proses Bisnis berbasis Teknologi Informasi Riset Bisnis Pendahuluan Integrasi Proses Bisnis Sebuah metodologi/cara untuk melakukan efisiensi perusahaan melalui penerjemahan visi ke dalam bentuk strategi dan action , kemudian diwujudkan dalam proses bisnis perusahaan terintegrasi Latar belakang Integrasi Proses Bisnis •        Efisiensi –       Beberapa proses bisnis digabungkan menjadi satu proses yang terintegrasi. •        Persaingan Bisnis –       Persaingan instansi lain dengan konsep proses bisnis yang terintegrasi, sehingga integrasi harus dilakukan untuk bersaing •        Perkembangan Teknologi Informasi –       Semakin berkembangnya TI sehingga integrasi proses  bisnis

Pengelolaan Proses Bisnis

                                                                                                                                                               PENGELOLAAN PROSES BISNIS •        Pimpinan organisasi bertanggung jawab terhadap pengelolaan proses bisnis. •        Aktivitas pengelolaan (manajemen) dapat dikategorikan menjadi: •        perencanaan ( planning ), •        pelaksanaan ( executing ), •        pengawasan ( controlling ), •        penilaian ( evaluating ). Tahap Perencanaan •        Pimpinan menentukan sasaran-sasaran bisnis . •        Pimpinan menentukan prioritas pada proses-proses bisnis yang ada. •        Pimpinan menyediakan blueprint untuk mencapai sasaran-sasaran tersebut. •        Pimpinan harus mengidentifikasi kesempatan-kesempatan dan resiko-resiko yang dihadapi perusahaan. Tahap Pelaksanaan •        Pimpinan menjalankan rencana dengan membagi proses-proses bisnis menjadi beberapa aktivitas yang lebih kecil. •        Pimp

Pemodelan Proses Bisnis

PEMODELAN PROSES BISNIS •        M enjelaskan proses bisnis secara lebih mudah untuk dipahami . •        Ada berbagai macam : –       Dengan narasi (workflow/alur kerja proses) –       Dengan grafik atau diagram misal : •        Model REAL (Resource, Events, Agent, and Locations) Kejadian-Kejadian Proses Bisnis ( Business Process Events ) •        Suatu proses bisnis merupakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi. •        Suatu proses bisnis dapat terdiri dari beberapa aktivitas. •        Kejadian (event) merupakan suatu aktivitas tunggal yang terdapat pada sebuah proses bisnis. Tiga Jenis Kejadian •        Kejadian-kejadian Operasional (Operating Events) •        Kejadian-kejadian Informasi (Information Events) •        Kejadian-kejadian Keputusan/Pengelolaan (Decision/Management Events) Kejadian Operasional •        Adalah aktivitas-aktivitas operasional yang dilakukan dalam suatu proses bisnis saat menyediakan