Langsung ke konten utama

Pengelolaan Proses Bisnis


                                                                                                                                                            PENGELOLAAN PROSES BISNIS
       Pimpinan organisasi bertanggung jawab terhadap pengelolaan proses bisnis.
       Aktivitas pengelolaan (manajemen) dapat dikategorikan menjadi:
       perencanaan (planning),
       pelaksanaan (executing),
       pengawasan (controlling),
       penilaian (evaluating).
Tahap Perencanaan
       Pimpinan menentukan sasaran-sasaran bisnis.
       Pimpinan menentukan prioritas pada proses-proses bisnis yang ada.
       Pimpinan menyediakan blueprint untuk mencapai sasaran-sasaran tersebut.
       Pimpinan harus mengidentifikasi kesempatan-kesempatan dan resiko-resiko yang dihadapi perusahaan.
Tahap Pelaksanaan
       Pimpinan menjalankan rencana dengan membagi proses-proses bisnis menjadi beberapa aktivitas yang lebih kecil.
       Pimpinan menugaskan para bawahan untuk melaksanakan setiap aktivitas tersebut.
       Memotivasi para bawahan untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik.
       Rencana yang dibuat dengan jelas mungkin sekali akan dilaksanakan dengan baik.
Tahap Pengawasan
       Memeriksa hasil dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan, atau dari keseluruhan proses bisnis, untuk melihat apakah sesuai dengan yang diharapkan.
       Pemeriksaan ini mungkin akan menyebabkan perubahan pada harapan yang ditetapkan, atau perubahan pada pelaksanaan aktivitas atau proses bisnis.
Tahap Penilaian
       Secara berkala, pimpinan akan menilai apakah proses-proses bisnis yang dilakukan berhasil mencapai tujuan-tujuan organisasi.
       Hasil dari penilaian tersebut digunakan untuk menyesuaikan rencana, tujuan, atau harapan.
Membuat Keputusan
       Inti dari pengelolaan adalah membuat keputusan.
       Pimpinan membuat berbagai keputusan saat melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian.
       Pimpinan memerlukan informasi yang relevan dan tepat waktu untuk membuat keputusan yang baik.
       Sistem informasi dikembangkan untuk menyediakan informasi bagi para pimpinan.
Aktivitas-Aktivitas Manajemen
Proses-Proses Informasi
       Sistem informasi bertugas :
       ‘menangkap’ data tentang organisasi dan aktivitas-aktivitasnya,
       menyimpan dan memelihara data tersebut, serta
       menyiapkan laporan berarti bagi pimpinan.
       Ketiga aktivitas tersebut disebut “proses-proses informasi”.
Sistem Informasi dan Proses-Proses Informasi
Data
       Data adalah masukan ke dalam sistem informasi.
       Data merupakan fakta tentang aktivitas bisnis dan proses bisnis.
       Pada umumnya data tidak berguna dalam pembuatan keputusan.
Informasi
       Sistem informasi ‘menangkap’ data, menyimpannya, menggabungkannya, meringkasnya, dan mengelompokkannya menjadi informasi yang berarti bagi pimpinan untuk membuat keputusan.
       Informasi dapat didefinisikan sebagai data yang telah memiliki arti bagi para penerimanya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruang Lingkup Analisa Proses Bisnis

RUANG LINGKUP ANALISA PROSES BISNIS Apa itu Ruang Lingkup? •        Ruang lingkup analisa proses bisnis adalah cakupan/domain/area dimana analisa proses bisnis perlu dilakukan. Ruang Lingkup Analisa Proses Bisnis Integrasi Proses Bisnis Standarisasi Proses Bisnis Analisa Proses Bisnis berbasis Teknologi Informasi Riset Bisnis Pendahuluan Integrasi Proses Bisnis Sebuah metodologi/cara untuk melakukan efisiensi perusahaan melalui penerjemahan visi ke dalam bentuk strategi dan action , kemudian diwujudkan dalam proses bisnis perusahaan terintegrasi Latar belakang Integrasi Proses Bisnis •        Efisiensi –       Beberapa proses bisnis digabungkan menjadi satu proses yang terintegrasi. •        Persaingan Bisnis –       Persaingan instansi lain dengan konsep proses bisnis yang terintegrasi, sehingga integrasi harus dilakukan untuk bersaing •        Perkembangan Teknologi Informasi –       Semakin berkembangnya TI sehingga integrasi proses  bisnis

Pemodelan Proses Bisnis

PEMODELAN PROSES BISNIS •        M enjelaskan proses bisnis secara lebih mudah untuk dipahami . •        Ada berbagai macam : –       Dengan narasi (workflow/alur kerja proses) –       Dengan grafik atau diagram misal : •        Model REAL (Resource, Events, Agent, and Locations) Kejadian-Kejadian Proses Bisnis ( Business Process Events ) •        Suatu proses bisnis merupakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi. •        Suatu proses bisnis dapat terdiri dari beberapa aktivitas. •        Kejadian (event) merupakan suatu aktivitas tunggal yang terdapat pada sebuah proses bisnis. Tiga Jenis Kejadian •        Kejadian-kejadian Operasional (Operating Events) •        Kejadian-kejadian Informasi (Information Events) •        Kejadian-kejadian Keputusan/Pengelolaan (Decision/Management Events) Kejadian Operasional •        Adalah aktivitas-aktivitas operasional yang dilakukan dalam suatu proses bisnis saat menyediakan