Business
Functions and Business Processes
Enterprise Resource Planning (ERP)
ERP adalah software yang
digunakan oleh perusahaan untuk
mengkoordinasikan
informasi dalam setiap wilayah bisnisnya,
membantu
mengelola proses bisnis perusahaan secara luas,
menggunakan
database umum untuk berbagi perangkat
manajemen pelaporan
Business functions adalah aktivitas spesifik
pada bidang operasi fungsional tertentu.
Functional Areas of Operation
ü Marketing and
Sales (M/S)
ü Supply Chain
Management (SCM)
ü Accounting and
Finance (A/F)
ü Human Resources
(HR)
Bidang fungsional dasar: Marketing and Sales, Supply Chain Management,
Accounting and Finance, dan Human Resources
Ø Marketing and
sales: men-set harga produk, mempromosikan produk melalui iklan dan
pemasaran, menangani pesanan pelanggan, men-support
pelanggan, dan membuat prediksi
penjualan
Ø Supply Chain
Management: Mengembangkan rencana
produksi, order bahan baku dari supplier, menerima bahan baku, memproduksi
produk, memelihara fasilitas kerja, dan mengirim produk kepada pelanggan.
Ø Accounting and
Finance: Keuangan akuntansi untuk
menyediakan ringkasan data operasional dalam laporan manajerial, rekening
pengendalian, perencanaan dan penganggaran, dan manajemen cash-flow
Ø Human Resources: Merekrut, menyewa, melatih, dan menggaji karyawan,
menjamin kesesuaian dengan peraturan pemerintah, dan membawahi evaluasi
karyawan.

Business process: Kumpulan
aktivitas yang menggunakan sejumlah input dan membuat output yang memberikan keuntungan bagi customer.
Software ERP mendukung proses
operasi bisnis yang efisien dengan mengintegrasikan hasil pekerjaan bisnis yang
berhubungan dengan sales, marketing, manufacturing, logistics, accounting, dan
staffing
Bisnis
mengambil input (sumber daya) dan mengubah masukan lalu masukan menjadi barang
dan jasa untuk pelanggan (Input: Material,
orang, peralatan)
Misalnya,
- Bagian sales mencatat pesanan pelanggan, bagian
produksi menjadwal proses pembuatan produk.
- Karyawan logistik menjadwal dan melakukan
pengiriman produk.
- Jika bahan baku diperlukan bagian produksi untuk
membuat produk, maka produksi meminta bagian pembelian (purchasing) untuk
mengatur pembelian dan pengiriman.
- Dalam hal ini, logistik menerima bahan,
memastikan kondisi dan melaporkan ke accounting sehingga vendor dapat
dibayar, kemudian memberikan bahan untuk diproduksi.
- Selama proses tersebut, accounting menyimpan
transaksi yang terjadi.
Contoh
Bussines Process

Komentar
Posting Komentar